LAPORAN KUNJUNGAN KE BATIK TV DAN KOMPAS TV PEKALONGAN
Description: C:\Users\Lenovo\Pictures\logo iaian 2.jpg
                                         NAMA      : YOKO YULIANT SANTOSA
                                         NIM          : 2042116093
                                         MATKUL : MANAJEMEN PENYIARAN TELEVISI
FAKULTAS USHULUDIN ADAB DAN DAKWAH
JURUSAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN











BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Study Lapangan merupakan salah satu bagian dari kegiatan yang berhubungan dengan akademik dan untuk mendukung proses belajar mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori atau pelajaran dari kampus saja, akan tetapi mahasiswa dapat melihat praktik dilapangan dan mendapat pengetahuan, sehingga menambah pengalaman dari luar kampus sebagai penyempurnaan.
Dipilihnya Kompas TV dan BATIK TV Pekalongan untuk kunjungan karena Kompas  TV dan BATIK TV Pekalongan merupakan sekian dari banyaknya stasiun televisi lokal di Jawa Tengah. Media pertelevisian ini sangat berpengaruh karena  sebagai salah satu saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi.
Media pertelevisian sangat mempengaruhi aspek kehidupan dimasyarakat, bahkan bisa dijadikan contoh, dalam partiknya, Kompas TV yang memiliki slogan “ Inspirasi Indonesia”  dan BATIK TV “ Televisinya Pekalongan” selalu mengedepakan aspek kejujuran tanpa settingan di setiap program acaranya dan memiliki acara yang bermutu dan berkualitas serta mengangkat nilai – nilai kearifan lokal.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana sejarah BATIK TV dan Kompas TV Pekalongan?
2.      Bagaimana Manajemen Penyiaran di  BATIK TV dan Kompas TV Pekalongan?

C.    TUJUAN
1. Sebagai pengganti Ujian Tengah Semester mata kuliah Manajeme Penyiaran Televisi.
2. Untuk mengetahui sejarah berdirinya Batik TV dan Kompas TV Pekalongan.
3. Untuk mengetahui proses pengolahan dan penyampaian berita.








BAB II
PEMBAHASAN
A.Sejarah Berdirinya BATIK TV
Batik TV adalah stasiun televisi lokal yang berkedudukan di Kota PekalonganJawa Tengah. Stasiun televisi ini dapat dinikmati dari jarak 60 km dari kantor pusat melalui 57 UHF.Batik TV yang didukung penuh oleh pemerintah setempat, mulai mengudara pada 1 April 2012. Pada awalnya, Batik TV hanya tayang dua jam setiap harinya, mulai pukul 10:00 WIB hingga 12:00 WIB. Dalam perjalanan waktu, Batik TV menambah jam siaran karena permintaan masyarakat, menjadi empat jam setiap hari. Dan setelah terbit IPP, per 1 April 2012, Batik TV menambah jam tayang menjadi tujuh jam setiap hari dari pukul 13:00 WIB hingga pukul 19:00 WIB.
Batik menyiarkan berbagai kegiatan, baik oleh masyarakat maupun di lingkungan Pemkot Pekalongan kepada warga Kota Pekalongan dan sekitarnya. Selain itu, langkah tersebut juga sebagai antisipasi undang-undang penyiaran yang mulai tahun 2014 mewajibkan setiap televisi nasional untuk bekerja sama dengan televisi lokal.
Nama Batik merupakan singkatan dari Bersih, Aman, Tertib, Indah dan Komunikatif yang sekaligus sesanti pemerintah dan masyarakat Pekalongan. Di samping itu, batik merupakan salah satu sumber penghidupan sebagian besar masyarakat Pekalongan, karena dengan batik yang merupakan pakaian nasional bangsa Indonesia yang telah dikukuhkan sebagai warisan budaya tak benda pada tanggal Oktober 2010 oleh UNESCO, berdasarkan Konvensi Internasional Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda Manusia. Pada 1 April 2013 Batik TV resmi berganti logo baru yang menggambarkan penampilan dan semangat baru.




B.Manajemen Penyiaran BATIK TV
Batik tv mempunyai channel 507.Kantor batik tv terdiri dari beberapa ruang,antara lain :1.ruang administrasi 2.ruang produksi 3.ruang edit(untuk mnegedit dari hasil shooting) 4.studio 1 5.studio 2 (untuk shooting acara expose) 6.ruang mesin transmitor(memiliki tegangan yang tinggi sehingga tidak sembarangan orang yang boleh masuk) 7.ruang MCO(Master Control Operation)untuk penayanan yang memiliki suhu 18 derajat.Saat ini batik tv memiliki 6 kamera dan 50 karyawan.Setelah satu tahun berdiri,batik tv telah berhasil mengantongi ISL(Ijin Siaran Langsung)dan mempunyai 6 jam tayang setiap harinya serta 12 program tayang dengan 7 program tayang tetap.Setiap satu jamnya terdiri dari 2 program.Batik tv sendiri sudah mempersiapkan 2 program baru untuk bulan puasa yang telah dipersiapkan 3 bulan sebelumnya.
Dengan program yang cukup banyak tersebut,batik tv hanya mengandalkan dana dari APBN.Jika kita bandingkan dengan tv malang yang notabennya adalah tv lokal lppl no 1 tingkat nasional yang memiliki 3/4 jam tayang setiap hari dan memiliki 20 kamera dan 70 orang karyawan.Jika melihat perbandingan ini maka batik tv telah mengalami progress yang sangat luar biasa di usia 1 tahunnya.Para crew yang bekerja di batik pernah beranggapan bahwa pekerjaan yang dilakoninya sekarang adalah suatu beban.tapi mereka menggap ini adalah sebuah hobi.sehingga para crew disana bekerja sebagai kreator untuk mengkreasikan dan mengembangkan kemampuan diri untuk melatih memecahkan masalah di tengah keterbatasan dana dan peralatan.
Proses sampai bisa tayang si televisi ialah:pertama shooting dulu,kemudian di edit agar hasilnya bagus,kemudian akan dikirim oleh transmiter kepada MCO sampai bisa tayang di televisi.Batik tv belum bisa mengiklankan branding suatu produk karena masih diawasi oleh badan monitoring.Dan hanya dapat bekerja sama dengan lembaga/instansi sebagai satu-satunya pemasukan bagi batik tv.





C.Sejarah Berdirinya KOMPAS TV Pekalongan
KompasTV resmi memperluas jaringannya ke Pekalongan, Jawa Tengah pada 15 November 2015. Dahulunya KOMPAS TV Pekalongan berkantor di Jalan Gajah Mada No.47, sekarang berpindah di Jalan Kalimanta No.14, Pekalongan
Hal ini ditandai dengan diserahkannya izin KompasTV Pekalongan (PT Bayanaka Multimedia Digital) dari Ketua KPID Jawa Tengah, Budi Setyo Purnomo, S.Sos., M.Ikom kepada Deddy Risnanto, GM Legal & Network Development KompasTV di kantor KPID Jawa Tengah, Semarang.
Berdasarkan UU RI no 32 tahun 2002 dan PP tahun 50 tahun 2005 tentang penyiaran mengatur bahwa Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) harus mengatur relai siaran secara tetap antarlembaga penyiaran. KompasTV selama ini telah menjadi barometer media televisi di Indonesia, sehingga harus dapat menjadi contoh dan menginsiprasi pemirsanya khususnya warga Pekalongan itu sendiri.
 Sesuai dengan komitmen yang dipegang oleh KompasTV di setiap jaringannya, KompasTV Pekalongan akan menyiarkan khusus mengenai berita lokal setidaknya sejumlah 2,5 jam setiap harinya. Hal ini perlu dilakukan agar warga Pekalongan senantiasa mendapat informasi terkini tidak hanya mengenai hal-hal yang terjadi di Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia, namun juga segala kejadian penting di areanya.KompasTV  berada di channel 26 UHF.
D.Manajemen Penyiaran KOMPAS TV
Kompas TV Pekalongan memiliki beberapa ruang pendukung yang digunakan untuk mengolah dan menyampaikan informasi kepada masyarakat. Ruang yang digunakan Kompas TV adalah  ruang visual, ruang editing, ruang kontrol,  dan studio mini.
1.         Ruang Visual
Ruang visual berfungsi sebagai ruang penyimpanan perlengkapan audio visual maupun tempat menyimpan data program acara yang akan atau sudah disiarkan.



2.         Ruang Editing
Ruang editing  berfungsi sebagai ruang untuk mengedit video, video ini dapat berasal dari wartawan maupun video shoting di studio, tidak hanya mengedit video editor disini juga harus mampu mendesain grafis  yaitu dapat membuat desain yang baik dan menarik

     3.         Ruang Kontrol
Ruang Kontrol berfungsi untuk mengontrol acara yang akan ditampilkan didalam ruang ini juga yang mengatur kamera ketika diadakan acara live  dan ruangan untuk mengatur acara dan iklan.
   4.         Studio Mini
Didalam studio mini ada beberapa tempat yang digunakan untuk siaran yaitu siaran berita dan siaran talk show di studio ini

BAB III
PENUTUP
E.KESIMPULAN
Kompas TV dan BATIK TV Pekalongan Merupakan stasiun lokal Jawa Tengah yang terletak di kota Pekalongan, Jawa Tengah. Kompas TV dan BATIK TV menyiarakan acara-acara edukatif dan acara yang melestarikan budaya yang ada di Pekalongan. Dalam menyampaikan informasi dan acara, Kompas TV dan BATIK TV Mengutamakan aspek kejujuran yaitu dalam seluruh acaranya di buat apa adanya sesuai fakta tanpa ada settingan, seharusnya sifat ini perlu dicontoh oleh TV lain karena yang mereka kejar adalah rating sampai akhirnya aspek yang baik dihilangkan.
Kompas TV memperoleh berita dari reporter yang meliput ke lapangan sehingga diperoleh informasi yang sesuai dengan fakta, dengan melakukan kunjungan study ke Kompas TV Jawa Tengah kami mendapakan wawasan tentang dunia broadcasting sehingga kami tau bagaimana berita itu di peroleh dan bagaimana berita itu diolah menjadi suatu informasi yang bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Filsafat : Epistemologi, Ontologi dan Aksiologi

Makalah Sejarah dan Paradigma Hermeneutika

Di Tipu Oleh Pengemis dan Koruptor : Refleksi Pendekatan Teori Simbolik